Gawai Dayak Nosu Minu Podi Kabupaten Sanggau

Getting your Trinity Audio player ready...

Tayan Hilir, Kamis, 6 Juli 2023 – Petinggi Dayak di Tayan Hilir berkumpul untuk memberi dukungan dan semangat kepada kontingen Tayan Hilir untuk menghadiri event Gawai Nosu Minu Podi di Kab. Sanggau. Pelepasan ini dipimpin oleh Camat Tayan Hilir bapak Pohengew. Hadir juga dalam acara tersebut eks Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Tayan Hilir selama dua periode, Bapak Acam, SE yang sekarang menjabat unsur pimpinan DPRD Kab. Sanggau.

Dalam sambutannya, Bapak Acam, SE menyampaikan betapa pentingnya kehadiran kontingen Tayan Hilir dalam mendukung event Gawai Dayak Nosu Minu Podi yang diselenggarakan oleh DAD kecamatan Tayan Hilir. Ia mengungkapkan bahwa keikutsertaan kecamatan ini adalah bentuk nyata dari dukungan yang diberikan oleh Tayan Hilir terhadap event budaya tersebut.

Bapak Acam menyadari bahwa kehadiran kontingen Tayan Hilir di event ini memiliki makna yang lebih dalam. Mereka bukan hanya sekadar peserta, tetapi juga mewakili dan membawa nama baik kecamatan Tayan Hilir secara khusus, serta masyarakat adat Dayak pada umumnya. Oleh karena itu, Bapak Acam mengingatkan semua anggota kontingen untuk menjaga nama baik kecamatan dan masyarakat adat Dayak dengan baik.

Dalam amanatnya, Bapak Acam menekankan pentingnya menjunjung tinggi nilai-nilai adat dan budaya Dayak yang menjadi ciri khas masyarakat setempat. Ia mengingatkan agar para peserta kontingen tidak melakukan ulah atau tindakan yang dapat merugikan nama baik kecamatan dan masyarakat adat Dayak. Sebaliknya, mereka diharapkan menjadi pengunjung yang baik dan memberikan kesan yang positif kepada masyarakat sekitar.

“Kehadiran saudara-saudara di sana mewakili dan membawa nama kecamatan Tayan Hilir secara khusus, masyarakat adat Dayak pada umumnya. Oleh karena itu, jaga nama baik kecamatan dan jangan buat ulah di sana, jadilah pengunjung yang baik,” kata Bapak Acam dengan tegas.

Dalam penutup sambutannya, Bapak Acam memberikan apresiasi dan dorongan kepada seluruh anggota kontingen Tayan Hilir. Ia meyakinkan mereka bahwa kehadiran mereka dalam event Gawai Dayak Nosu Minu Podi Kabupaten Sanggau akan menjadi tonggak bersejarah dalam upaya melestarikan budaya Dayak dan memperkenalkannya kepada masyarakat yang lebih luas.

© 2023 Acam, SE. All Right Reserved.