Konsultasi dengan Kementerian PUPR

Getting your Trinity Audio player ready...

Sanggau, 5 Oktober 2023 – Wakil Ketua DPRD Sanggau, Acam, bersama dengan anggota Komisi III dan Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) Kabupaten Sanggau, melakukan kunjungan ke Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR pada Rabu, 4 Oktober 2023. Kedatangan mereka bertujuan untuk menanyakan dan berkonsultasi mengenai program Inpres Jalan Daerah serta mencari solusi agar usulan dari daerah dapat lolos dalam aplikasi Sinergitas Transparansi Integrasi Akuntabel (SiTIA).

Dalam pertemuan tersebut, Acam menyatakan bahwa saat ini pengajuan proposal tidak lagi menggunakan metode lama, melainkan melalui aplikasi SiTIA. Sebanyak 14 proposal telah diajukan, namun mereka mengalami kendala dalam sistem. Acam menjelaskan pentingnya pengkajian mendalam agar tidak terjadi tumpang-tindih anggaran. Usulan yang diajukan harus benar-benar belum tersentuh oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi maupun Kabupaten.

“Angkanya berapa, panjangnya berapa, penangannya berapa, status luas seperti apa, kemudian tematik kawasannya ini yang harus betul-betul dikaji. Kalau yang belum tersentuh itu tiga kilometer, ya tiga kilometer itu yang kita sampaikan,” ujar Acam.

Acam juga mengingatkan pentingnya sinkronisasi dalam penganggaran agar tidak terjadi tumpang-tindih. Selain itu, ia membahas kondisi ruas jalan nasional di Jembatan Tayan yang menurutnya memerlukan pelebaran, terutama yang mengarah ke Kecamatan Toba dan Simpang Ampar arah Pontianak.

“Kita minta pelebarannya standar nasional. Paling tidak untuk berpapasan dua kendaraan (roda empat) kita aman. Tidak kena beram,” tambah Acam.

Selain masalah Jembatan Tayan, Acam juga membahas proyek pengembangan ruas jalan Sebungkuh-Semayang sepanjang 9,71 kilometer. Kawasan pertanian ini membutuhkan anggaran sekitar Rp 44,787 miliar, yang diusulkan oleh Acam dan timnya. Di kesempatan tersebut, ia juga menginformasikan kepada Dirjen Bina Marga mengenai kendala dalam pembebasan lahan di Entikong, yang merupakan beranda negara.

Kunjungan ini mencerminkan kesungguhan dan komitmen para politisi dan pemerintah daerah dalam memperjuangkan pengembangan infrastruktur yang memadai dan efisien, serta memastikan bahwa usulan-usulan mereka mendapatkan persetujuan yang diperlukan untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan berkualitas di wilayah Sanggau.

© 2023 Acam, SE. All Right Reserved.